google translate

Koordinator JDP PDF Cetak E-mail
Profil

Alm. Dr. Muridan S. Widjojo, lulus dalam bidang antropologi dan literarur Perancis dari Universitas Indonesia. Setelah melakukan penelitian arsip dan lokal di Papua dan Maluku, beliau dianugerahi gelar PhD dari Universitas Leiden di Belanda. Pada tahun 1993 beliau bergabung dengan Pusat Penelitian Politik, LIPI di Jakarta dan mengkhususkan dirinya dalam permasalahan Papua dan Maluku. Selain itu beliau adalah editor dan penulis buku Papua Road Map, Jakarta, YOI-LIPI-TIFA, 2009.

 

Email: Alamat e-mail ini diproteksi dari spabot, silahkan aktifkan Javascript untuk melihatnya

 

Neles Tebay adalah seorang pastor dari Gereja Katolik Keuskupan Jayapura yang berprofesi pengajar pada Sekolah Tinggi Filsafat Teologi (STFT) Fajar Timur di Abepura, Dia menyelesaikan program Master dalam bidang Pastoral Studies pada Universitas Ateneo de Manila tahun 1997 dan menyelesaikan program doktoral dalam bidang Misiologi pada Universitas Kepausan Urbaniana, di Roma tahun 2006, dengan disertasinya berjudul The Reconciling Mission of the Church in West Papua in the Light of Reconciliatio et Paenitentia. Dia pernah bekerja sebagai jurnalis untuk Harian Bahasa Inggris The Jakarta Post, tahun 1998-2000.

 

Karya-karya ilmiahnya berupa artikel dapat ditemukan dalam sejumlah Jurnal Ilmiah berbahasa Inggris, seperti The Exchange, Journal of Missiological and Ecumenical Research yang diterbitkan oleh Brill Academic Publishers dalam kerjasama dengan the Interuniversity Institute for Missiological and Ecumenical Research (IIMO) di Belanda, East Asian Pastoral Review di Manila, Euntes Docete di Roma, dan The Round Table, The Commonwealth Journal of International Affairs, di London.

 

Artikel-artikel opininya tentang konflik Papua dapat ditemukan dalam Surat Kabar Harian The Jakarta Post, Kompas, Suara Pembaruan, dan Sinar Harapan yang terbit di Jakarta, dan dalam harian lokal seperti Bintang Papua dan Pacific Post yang terbit di Jayapura. Sejumlah artikel yang diterbitkan oleh The Jakarta Post telah dikumpulkan dan diterbitkan sebagai buku dengan judul Papua: Its Problems and Possibilities for a Peaceful Solution, oleh Sekretariat Keadilan dan Perdamaian (SKP), Keuskupan Jayapura, September 2008.

 

Dia juga adalah penulis dari beberapa buku, seperti: West Papua: The Struggle for Peace with Justice, diterbitkan oleh Catholic Institute for International Relations/CIIR, London, 2005; Interfaith Endeavour for Peace in West Papua, Missio, Aachen, 2006; Dialog Jakarta-Papua, sebuah Perspektif Papua, Sekretariat Keadilan dan Perdamaian (SKP), Keuskupan Jayapura, 2009; dan Angkat Pena Demi Dialog Papua, Kumpulan opini tentang Dialog Jakarta-Papua Tahun 2001-2011, Interfidei, Jogyakarta, 2012 .

Koordinator JDP