google translate

JDP Menggelar Dialog Interaktif di RRI Merauke. PDF Cetak E-mail
Kegiatan JDP
Senin, 27 November 2017 10:10

IMG 20171125 WA0011Pada tanggal 26 September 2017, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia bekerja sama dengan Jaringan Damai Papua mengadakan sebuah dialog interaktif dengan tema Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Hak-hak Masyarakat Adat Papua. Adapun sebagai pembicara adalah Adriana Elisabeth dari LIPI, Jago Bukit dari JDP, kemudian Albert Maujen dari LMA Kab Merauke.

 

Tiap pembicara memaparkan tentang pentingnya penanganan terpadu terhadap sumber daya alam sehingga nantinya manfaat dari aktivitas tersebut dapat dirasakan oleh para masyarakat asli Papua. Perdebatan yang masih terus bergulir di masyarakat adalah seringnya pembangunan ataupun investasi berakhir dengan tetap memarjinalisasikan masyarakat asli Papua. Tentunya hal tersebut menuntut intervensi dari pemerintah, pihak investor, serta para pemangku adat Papua.

 

Pada sesi tanya jawab, terdapat empat penelepon pada sesi tanya jawab. Mereka tertarik dengan pengembangan proyek-proyek investasi yang berlokasi di Merauke dan bagaimana proyek-proyek tersebut bermanfaat bagi masyarakat adat Papua. Selain itu dari penonton di studio juga terdapat satu pertanyaan yang menanyakan tentang kebijakan pemerintah daerah mengenai penggunaan lahan di Merauke.(JDP Abelia)

JDP Menggelar Dialog Interaktif di RRI Merauke.