google translate

Pengelolaam SDA, Perlu ada Keterlibatan Masyarakat. PDF Cetak E-mail
Kegiatan JDP
Jumat, 24 November 2017 17:25

TVRIJaringan damai Papua (JDP) bekerja sama dengan TVRI Staasium Papua telah menggelar diskusi secara live melalui acara “ jendela Papua” di Stasiun TVRI Papua, pada tanggal 29 September 2017 pukul 20.00-21.00.


Dalam diskusi ini mengangkat Tema: “Sumber Daya Alam dan Hak- hak Masyarakat Papua”. Menghadirkan beberapa Narasumber. Pastor Dr. Neles Tebay (Koordinator Jaringan Damai Papua), Dr.Adriana Elizabeth (Koordinator Tim Kajian Papua LIPI), Salaha Simanjuntak (Kepala Seksi Perencanaan Perhutanan Sosial Kementrian kehutanan RI), Dr. Frans Reuni ( Akademisi Fakultas Hukum Uncen), dan Jhon Gobay ( Dewan Adat Papua).


Dalam diskusi ini terungkap pemetaan sumber daya alam di atas teritorial masyarakat adat baru pada tingkatan Satuan kerja perangkat Daerah (SKPD), namun belum sampai pada masyarakat lokal, juga ada penterjemahan mengenai hak ulayat. Regulasi dalam mengelola SDA seharusnya musyawarah tetapi kecenderungan yang terjadi antara pemerintah dan investor saja, tidak pelibatan masyarakat.


Masyarakat perlu dilibatkan dari awal melalui musyawarah. Keterlibatan mereka akan seperti apa dan melalui saluran apa. Ini akan membuat masyarakat ikut menjaga sumber daya alam karena mereka juga dilibatkan. (JDP-Papua)

Pengelolaam SDA, Perlu ada Keterlibatan Masyarakat.