google translate

Membangun Papua dengan Pendekatan Komprehensif PDF Cetak E-mail
Jumat, 13 Mei 2016 15:01

BERBAGAI pertemuan, seperti seminar, diskusi grup fokus, lokakarya, konsultasi publik, pertemuan eksploratif tentang Papua yang diselenggarakan oleh Jaringan Damai Papua (JDP) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sejak 2010 hingga kini memperlihatkan adanya kompleksitas permasalahan di tanah Papua.

 

Masalah yang dihadapi rakyat Papua tidak hanya terbatas pada bidang infrastruktur dan perekonomian, tetapi juga mencakup bidang lain. Menurut Deputi I Bidang Politik Dalam Negeri Kementerian Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Mayjen TNI Yoedhi Swastono, pembangunan di Papua dan Papua Barat harus dilakukan dengan pendekatan yang menyeluruh.

 

"Pendekatan menyeluruh penting untuk menjadi strategi pembangunan di Papua," kata Yoedhi di Jakarta, Rabu (11/5). LIPI bekerja sama dengan Jaringan Damai Papua dan Dewan Pers mengadakan pertemuan eksploratif dengan tema "Meningkatkan Peran Media Nasional Menuju Rekonsiliasi Papua.

 

"Yoedhi melanjutkan, pendekatan yang menyeluruh sebagai strategi pembangunan di Papua meliputi pemberdayaan ekonomi, pendidikan, kesehatan, infrastruktur, diplomasi serta hukum dan hak asasi manusia.

 

Menurut Yoedhi, pendekatan menyeluruh itu tidak bisa disamakan antara daerah satu dengan lainnya yang ada di Papua. Pasalnya, terdapat tujuh wilayah adat besar di Papua yang berbeda satu sama lain.

 

"Pembangunan di Papua juga harus menggunakan pendekatan lokal karena antara daerah satu dengan lainnya memiliki keperluan yang berbeda-beda," tuturnya.

 

Karena itu, sambung dia, permasalahan Papua menuntut adanya suatu solusi komprehensif yang mencakup berbagai sektor kehidupan. Misalnya, Papua masih menyimpan masalah marjinalisasi orang asli Papua, masalah sosial, sejarah, keamanan, hukum, persoalan HAM, lingkungan hidup, dan kependudukan.

 

"Solusi komprehensif dapat dilakukan lewat dialog inklusif yang melibatkan semua pemangku kepentingan. Dialog mesti dimulai dari kampung/desa untuk mengakomodasi aspirasi rakyat Papua tentang pembangunan dan perdamaian," tandasnya. (OL-2)

 

Sumber: http://www.mediaindonesia.com/news/read/44904/membangun-papua-dengan-pendekatan-komprehensif/2016-05-11#sthash.GpOxsmDp.dpuf

Membangun Papua dengan Pendekatan Komprehensif