google translate

Peter Neles: Selesaikan Persoalan Papua lewat Dialog PDF Cetak E-mail
Selasa, 09 Januari 2018 12:46

Tokoh Papua Pater Neles mengatakan, dinamika yang saat ini terjadi di Papua, hampir didominasi oleh pelanggaran HAM. Sehingga, Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla ditantang untuk memberikan jaminan bagi orang asli Papua.
"Ya, jaminannya bahwa orang asli Papua di Republik ini, pemerintah harus katakan hidup Anda terjamin," kata Pater di Kantor LIPI, Jakarta (14/12/2017).
Menurutnya, gencarnya tragedi kekerasan di Papua, lebih banyak disebabkan pendekatan pemerintah selalu dengan keamanan. Akhirnya, masyarakat Papua seolah dianggap 'orang lain'.
Pater pun mengusulkan untuk menyelesaikan masalah kekerasan di Papua dengan pendekatan dialog. Bentuknya bisa bermacam-macam, dan orang yang terlibat pun dari latar belakang manapun.
"Karena dialog tidak membunuh siapapun. Kemungkinan akan kita inisiasi 2018 mendatang. Dialog dikedepankan untuk cegah konflik sekaligus juga menyelesaikan masalah Papua terkini," jelasnya penuh semangat.
Dialog dianggap penting oleh Pater, lantaran saat ini terjadi perubahan demografi yang begitu dahsyat di Papua akibat dari migrasi besar-besaran. Jika dulu di tanah Papua orang aslinya mayoritas, saat ini justru minoritas.
"Itu kelihatan di Jayapura, Merauke, Timika, Sorong, orang Papua sudah menjadi minoritas. Masuknya imigran begitu deras, maka ada kekhawatiran orang Papua semakin hari semakin minoritas bahkan suatu saat bisa punah. Jadi memang kita butuh dialog," ucap Pater, menutup perbincangan.

Sumber: rilis.id

Peter Neles: Selesaikan Persoalan Papua lewat Dialog