google translate

Perang Tidak Dapat Menyelesaikan Masalah PDF Cetak E-mail
Rabu, 22 November 2017 08:56

Jayapura- Negara yang bermartabat dan beradaban adalah, negara yang mampu membuka diri untuk berdialog dengan Rayatnya sendiri, dari segalah macam persoalan yang ada.


Hal itu di ungkapkan oleh Theo Hesegen, Koordinator Jaringan Advokasi Penegakan Hukum dan HAM Pegunungan tengah Papua, melalui pesan singkat kepala media ini 16/11 di Jayapura.


Perang dengan kekuatan tidak akan pernah masalah berakhir, tetapi yang akan terjadi adalah berjatuhan korban jiwa dan justru memperpanjang Masalah; Pungkas Theo.


Negara mana saja ada pemberontakan untuk menentukan nasip sendiri, kata Hesegem Sehingga yang bisa dimediasi adalah pihak netral atau pihak ke tiga untuk dipertemukan kedua bela pihak yang bermasalah.


Kadang- kadang ada negara juga yang tidak mau berdialog dengan Rayatnya, mungkin karena dialog adalah anti. Pada hal dialog tidak pernah membunuh siapa-siapa? Dalam proses dialoglah ada jalan keluar penyelesaian masalah; Tanya Hesegem yang juga anggota Human Rights Devender ini.


Menurutnya apa bila kedua pihak masih bertahan dan berperinsip dengan kata harga mati, maka akan sulit untuk diselesaikan dengan cara yang bermartabat. (Kilion)

Perang Tidak Dapat Menyelesaikan Masalah