google translate

Gubernur Enembe ajak dunia lihat Papua secara langsung PDF Cetak E-mail
Senin, 20 November 2017 11:12


Jayapura,  - Gubernur Papua Lukas Enembe minta negara seluruh dunia lewat duta besarnya di Jakarta melihat keadaan dan kondisi Papua yang sebenarnya. Termasuk membuktikan secara nyata peristiwa konflik terjadi di Timika, Kabupaten Mimika.

"Setiap Dubes yang datang ke Papua harus melihat keadaan Papua, seperti keberadaan saudara-saudara kita yang berseberangan, apa keinginan mereka. Ini yang perlu dilihat," kata Enembe, di Jayapura belum lama ini.

Enembe juga siap membuka dialog secara terbuka dengan melibatkan orang-orang Papua yang saat ini berada di luar negeri. Ia menilai yang bermasalah bukan hanya masyarakat di Papua, tetapi mereka di luar Papua yang sering mendorong masalah di Papua.

"Jadi orang Papua di luar negeri dalam organisasi apapun harus dilibatkan biar tuntas persoalannya, bukan hanya pemerintah Papua dan Jakarta saja," ujar Enembe menjelaskan.

Terkait dengan insiden penembakan di Timika, Gubernur Papua memastikan menjadi tugas keamanan TNI dan Polri. Namun, ia menekankan kasus yang terjadi di Timika dan daerah lain di Papua sudah 10 tahun dialami semasa menjabat sebagai wakil maupun bupati Puncak Jaya.

“Waktu itu setiap hari saya mengurus jenasah, jadi TNI dan Polri harus tegas memutuskan betul saudara kita yang berseberangan bisa di redam,” katanya.

Enembe menolak negosiasi dengan pihak yang ia sebut berseberangan, apa lagi tuntutannya ingin merdeka. “Kalau hanya untuk minta merdeka buat apa ada negosiasi, jelas tidak ada titik temu,” katanya. (*)

 

Sumber: TABLOIDJUBI

Gubernur Enembe ajak dunia lihat Papua secara langsung