google translate

Pemerintah Inggris Sarankan Dialog Dengan Jakarta Harus Libatkan Organisasi Papua di Luar Negeri PDF Cetak E-mail
Minggu, 19 November 2017 17:42

JAYAPURA, – Pemerintah Inggris mendukung dilakukannya dialog antara Jakarta – Papua guna penyelesaian berbagai persoalan yang terjadi di wilayah Bumi Cenderawasih. Melalui Duta Besarnya untuk Indonesia, Moazzam Malik menyarankan agar dalam dialog tersebut, juga harus melibatkan warga Papua yang berada di luar negeri. Sebab menurutnya, merekalah yang paling kritis menyuarakan tentang berbagai persoalan di Papua di mata dunia internasional.


Dukungan dan saran tersebut disampaikan Dubes Moazzam Malik dalam pertemuannya dengan Gubernur Papua, Lukas Enembe di Gedung Negara Jayapura, Jumat (17/11) malam.
Gubernur kepada pers usai pertemuan menyatakan, Pemerintah Inggris mempertegas komitmennya untuk mendukung Papua tetap berada dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), termasuk dukungan dialog yang disetujui Presiden Joko Widodo melalui Jaringan Damai Papua (JDP).


“Kita sambut baik keinginan pemerintah Inggris yang mengutamakan keinginan rakyat Papua, memperhatikan masyarakat Papua, menjaga NKRI. Mereka juga tanya soal dialog yang diinginkan oleh masyarakat Papua. Mereka sarankan kalau mau dialog berarti harus libatkan warga papua yang ada di luar negeri. Sebab mereka yang di luar negeri yang paling bersuara. Jadi mereka dalam bentuk organisasi apapun harus dilibatkan dalam dialog antara pemerintah Papua dan Jakarta,” ungkap Gubernur menyambung apa yang disampaikan oleh Dubes Inggris.


“Kami berharap semua Dubes yang ada datang ke Papua bisa melihat langsung kehidupan di Papua. Termasuk peristiwa yang saat ini terjadi di Tembagapura. Mereka berharap ada penyelesaian secepatnya yang dilakukan olehh pemerintah dan aparat keamanan,” katanya.


Dalam pertemuan itu juga dibahas program kerjasama yang sudah dilakukan oleh Pemerintah Inggris dan Papua, seperti di sektor pendidikan, lingkungan hidup, perekonomian dan lainnya.[Riri]

 

 

Sumber: Warta Plus

Pemerintah Inggris Sarankan Dialog Dengan Jakarta Harus Libatkan Organisasi Papua di Luar Negeri